man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


MAN 3 Palembang Gelar Seleksi Kelas Olimpiade, Cari Wakil Kompetisi Sains Berpotensi

Palembang, Inmas

Sejak Jumat (27/11) kemarin hingga Sabtu (28/11) penilaian seleksi kelas olimpiade sukses digelar. Penilaian seleksi kelas olimpiade melibatkan siswa/i MAN 3 Palembang kelas 10 dan 11 yang mewakili kelas masing-masing dalam bidang yang ditekuni dan dikuasai.

Mata pelajaran yang diseleksi dalam penilaian ini antara lain: Fisika, Matematika, Biologi, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Seleksi ini bertujuan untuk menyiapkan wakil-wakil MAN 3 dalam berbagai kompetisi sains seperti KSM, KSN, OKN, POSI, ONMIPA, dan lain sebagainya di tingkat nasional.

Penilaian seleksi ini dilakukan melalui dua sistem. Siswa/i MAN 3 Palembang yang berada di Palembang melakukan tes berupa soal tertulis langsung di MAN 3 Palembang lebih tepatnya di Gedung Serbaguna MAN 3 Palembang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, sedangkan siswa/i yang berada di luar Kota Palembang atau yang berhalangan untuk datang secara tatap muka diminta untuk menggerjakan tes dari rumah dengan menyiapkan dua perangkat, yang pertama untuk mengakses soal dari Quizizz dan perangkat kedua digunakan sebagai kamera pengawas yang terhubung dalam satu ruang Google Meet.

Dalam pelaksanaannya, soal terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal essay dimana untuk peserta yang mengerjakan tes dari rumah akan dibagikan soal essay jika telah menyelesaikan soal pilihan ganda pada waktu yang telah ditentukan.

Tahap selanjutnya dari seleksi ini masih belum bisa dipastikan. Suprihatin, salah satu panitia sekaligus pengawas penilaian seleksi ini berharap agar seleksi ini mampu menjaring siswa/i yang memiliki bakat dan potensi tinggi dalam sains.

"Semoga dengan seleksi ini dapat menjaring siswa/i MAN 3 Palembang yang berbakat dan berminat tinggi di bidang sains dan mampu mewakilkan MAN 3 Palembang terkait olimpiade." terangnya. (HK/Sikah)