man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


Dr. Rohmat : Ikhlas Tak Bisa Diukur Namun Hasilnya Luar Biasa

Palembang, Inmas.

Kunjungan Kerja Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. H. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd juga diisi dengan memberikan pembinaan kepada guru Pendidikan Agama Islam (AL-Qur’an Hadist, Fiqih, Aqidah AKhlak, Bahasa Arab dan SKI) MAN 3 Palembang di ruang pertemuan MAN 3 Palembang, Jum’at (20/11).

Rohmat memotivasi para guru agama ini untuk terus semangat dalam mendidik anak bangsa, meskipun dalam lingkungan Kementerian Agama sendiri seringkali guru PAI ini juga lepas dari perhatian. Belum lagi guru PAI yang ada di sekolah umum.

Menurut Rohmat, isu agama ini memang tidak menarik perhatian bagi para donator luar negeri untuk memberi mengucurkan dana. Namun ia memberikan angina segar bahwa beliau sudah berhasil membangun kerja sama untuk menyelenggarakan inovasi pengembangan karakter.

“Melalui kerjasama ini rumpun pendidikan agama akhirnya dapat dilibatkan. Programnya pengembangan Pendidikan karakter berbasis moderasi Agama. Soal konten dapat diserahkan kepada masing-masing guru,” bebernya.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti luar negeri, saat mengukur Standar Pelayanan minimal antara madrasah dan sekolah umum, madrasah selalu tertinggal dari sekolah umum. Beberapa indikatornya antara lain, sarana dan prasarana sangat minim, nilai akademik yang rendah.

Meski demikian, hasil  penelitian ini dibalas Rohmat dengan pernyataan yang optimis bahwa lulusan madrasah semuanya berdikari. Tidak ada lulusan madrasah yang nganggur, minimal jadi marbot masjid.

“Saya ditanya oleh konsultan bagaimana bias demikian? Saya jawab alat ukur yang anda gunakan tidak cocok di Kementerian Agama. Karena ini berhubungan dengan alam gaib. Mereka percaya adanya setan, Iblis. Nah saya katakan di Kementerian Agama alat ukurnya berurusan dengan alam Nyata dan alam Gaib,” terangnya disambut tawa dan tepuk tangan para hadirin.

Lebih lanjut beliau menggaris bawahi bahwa, keunggulan yang dimiliki oleh madrasah adalah terletak dari velue setiap individunya. Baik guru atau siswanya. inilah pentingnya keikhlasan para guru madrasah.

“Nilai keikhlasan ini tidak bias diukur namun dapat menghasilkan hal yang luar biasa,” Ungkapnya. (HK)