man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


Siswa MAN 3 Wakili Palembang KSN Biologi Tingkat Provinsi

Palembang. Inmas.

Setelah lolos dalam seleksi Olimpiade Sains Kota Palembang (OSK) untuk mata Pelajaran Biologi Maret 2020 lalu, siswa kelas XII IPA 2 MAN 3, Salsabilla mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan di SMAN 3 Palembang, Senin (10/08).

Salsabillah mewakili kota Palebang dari 10 peserta lainnya dari sekolah lainnya. MAN 3 Palembang satu-satunya madrasah yang masuk dalam seleksi OSK di kota Palembang. Hal ini seperti yang diutarakan oleh guru pembimbing Salsabila, Putri Pelantika, S.Pd. Menurut Putri, Salsa menjadi peserta asal madrasah yang masuk 10 besar pada OSK tingkat kota Palembang.

“Alhamdulillah MAN 3 masuk 10 besar dalam kompetisi Sains yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan ini. Umumnya peserta didominasi oleh peserta dari SMA unggulan yang selalu menjadi kompetitor dan menduduki peringkat atas. Mohon doa semoga MAN 3 lolos sampai ke tingkat nasional,” ujar Putri seraya memohon doa.

Proses seleksi KSN, lanjut Putri, setidaknya para peserta khususnya untuk mata pelajaran Biologi yang dibimbingnya, harus menjawab 50 buah saol dan menganalisis pernyataan sebanyak 200 soal. Untuk itu, ia terus secara intensif membimbing Salsa untuk menyiapkan kemampuan saat mengikuti kompetisi.

“Dalam kegiatan rutin Club Biologi siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Club BIologi dilatih dan diajak berdiskusi Bersama tim untuk menganalisis soal-soal, Kegiatan ini tak lain untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam menjawab dan menganalisis soal-soal dalam kompetisi yang diikuti,” terangnya.

Kepala MAN 3 Palembang, Hj. KOmariah Hawa, M.Pd menyampaikan support penuh kepada siswa yang saat ini akan berjuang di Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi. Komariah menyebut ada Empat orang siswa MAN 3 berhasil lolos ke Kompetisi Sains Nasional tangkat Provinsi, yaitu Salsabilla mata pelajaran Biologi, Luthfiyyah Mutma’innah Mata pelajaran Kimia dan Syarif Hidayatullah untuk mata pelajaran Ekonomi dan Vany Agustina untuk mata pelajaran Geogarfi.

“Alhamdulillah empat orang siswa MAN 3 ini mampu masuk dalam barisan 10 besar siswa di tingkat kota Palembang di beberapa mata pelajaran. Karena untuk kompetisi ini MAN 3 bersaing dengan SMA unggulan yang ada di Palembang. Beberapa kali di kompetisi tingkat kota MAN 3 mampu meraih juara, semoga diajang ini siswa MAN 3 lolos hingga ke tingkat Nasional,”harap Komariah diaminkan para jajaran wakil kepala MAN 3 Palembang.

KOmariah menambahkan, dalam menyiapkan kemampuan siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi, MAN 3 Palembang telah memfasilitasi para siswa untuk tergabung dalam ekstrakurikuler Club Mata Pelajaran sesuai minatnya. Selain itu, MAN 3 juga menghadirkan intruktur dari yang pernah menjadi juara dalam kompetisi yang sama untuk memberikan bimbingan dan wawasan  kepada para siswa MAN 3.

“Para siswa MAN 3 kami fasilitasi secara penuh agar mampu berkompetisi dengan siswa dari sekolah unggulan. Selain dibimbing oleh guru-guru yang kompeten, beberapa program seperti Bimbingan dari instruktur yang professional di bidangnya, pernah menjadi juara dalam kompetisi yang sejenis kegiatan juga kita hadirkan ke MAN 3 Palembang,”jelas Komariah.(HK)