man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


Kepala MAN 3 Palembang Ikuti FGD Implementasi KMA 184 Pembelajaran Keterampilan

Palembang, Inmas.

Direktorat jenderal Kurikulum Sarana dan Prasarana, Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Kementerian Agama RI menyelenggarakan rapat virtual membahas Keputusan Menteri Agama (KMA) 184 tentang implementasi pedoman kurikulum madrasah, Jum’at (24/07). Rapat virtual ini diselenggarakan khusus untuk mata pelajaran Keterampilan untuk madrasah plus keterampilan di Indoensia. Termasuk kepala dan ketua program keterampilan MAN 3 Palembang ikut dalam rapat tersebut.

Ketua program Keterampilan MAN 3 Palembang, Erni Febrianti, M.Pd yang juga mengikuti rapat virtual mengaku, forum ini sangat positif. Menurutnya, dimasa pandemi ini pembelajaran mata pelajaran keterampilan ini para nara sumber memberikan motivasi agar guru mata pelajaran keterampilan dapat berkreasi dan berinovasi.

“KMA 184 menyediakan tempat pengelola supaya mengatur program unggulan keeterampilan. Menyiapkan ruang bagi guru untuk berkreasi dan berinovasi,” ujar Erni menyampaikan arahan dari wakil kepala direktur KSKK, Dr. H. Ahmad Hidayatullah.

Erni juga mengapresiasi kegiatan virtual dari Kementerian Agama ini. Dalam rapat yang akhirnya diarahkan membentuk forum grub Discussion ini mendapat banyak sharing dari berbagai Madrasah keterampilan yang ada di Indonesia.

“Salah satunya dalam sistem akreditasi madrasah, akan lebih memfocuskan kualitas yang dihasilkan. Salah satu alat ukurnya dilihat dari visi misi yang dinamis. Selain itu juga diisi dengan sharing bagaimana proses pembelajaran pada masa pandemi. Salah satu soluasi straregfi pembelajaran daring mata pelajaran keterampilan yaitu dengan video berisi demo materi keterampilan,” lanjut Erni.

Fotum grub discussian ini juga diisi oleh pengarahan Dr. H. Suwardi, M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan yang mengarahkan rapat virtual ini menjadi forum grub Discussion antar madrasah keterampilan. Disampaikainnya, inovasi pembelajaran pada madrasah dalam KMA 184 , Mata pelajaran keterampilan itu adalah mata pelajaran pilihan 6 jam pelajaran dengan 70% praktek. (HK)