man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


Guru Agama Islam MAN 3 Akui KMA 183 Lebih Dekat Dengan Praktek Beragama Sehari-hari Siswa

Palembang, Inmas.

Pelaksanaan KMA 183 tahun 2019 tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah disikapi positif oleh guru Agama Islam MAN 3 Palembang. Salah satunya oleh guru Al-Qur’an Hadist, Abu Somah, M.Pd.I. Menurutnya, KMA 183 ini sangat sesuai dengan kondisi kekinian yaitu peserta didik diharapkan mampu mengekspresikan pemahaman agamanya dalam hidup sehari-hari.

“Seperti yang tertuang dalam KMA 183, diharapkan pemahaman keagamaan dapat terinternalisasi dalam diri siswa, sehingga nilai-nilai agama menjadi pertimbangan dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak untuk menyikapi fenomena kehidupan ini. Selain itu, peserta didik diharapkan mampu mengekspresikan pemahaman agamanya dalam hidup bersama yang multikultural, multietnis, multipaham keagamaan dan kompleksitas kehidupan secara bertanggungjawab, toleran dan moderat dalam kerangka berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” beber bapak yang biasa disapa Buya oleh siswa MAN 3 Palembang.

Lebih lanjut Abu menjelaskan bahwa dasar pemikiran para penyusun kebijakan sudah sangat tepat. Lagi-lagi Abu mengutip isi dari KMA 183 yang akan diberlakukan menyatakan Pembelajaran PAI mengarusutamakan pada pembentukan sikap dan perilaku beragama melalui kontekstualisasi ajaran agama, pembiasaan, pembudayaan, dan keteladanan semua warga madrasah.

“KMA 183 tahun 2019 sangat pas karena bertujuan agar Iklim akademis-religius perlu diciptakan sedemikian rupa sehingga budaya madrasah menjadi wahana bagi persemaian faham keagamaan yang moderat, internalisasi akhlak mulia, budaya anti korupsi dan model kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara yang baik bagi masyarakat,”uajrnya. (HK)