man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


Wajib Pakai Masker, Siswa Tata Busana MAN 3 Beri Tips Membuat Masker Sendiri

Palembang, Inmas

Salah satu upaya mencegah penularan covid-19, saat mendesak keluar rumah kita wajib menggunakan masker. Hal ini menghindari saat kita bersin tidak mengenai oranglain. Bahkan saat ini kita akan terkena Razia polisi bila tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Di tengah mahalnya masker di pasaran, sebetulnya masker dapat dibuat sendiri dengan bahan dan cara sederhana. Untuk itu siswa yang tergabung dalam keterampilan Tata Busana MAN 3 Palembang, pekan kemarin (6/4) membuat video tutorial cara membuat masker kain sendiri di rumah.

Guru pembimbing keterampilan Tata BUsana MAN 3 Palembang, Idawati, S.Pd menerangkan pembuatan masker ini sudah dihimbau kepada para siswa binaannya. Menurutnya, meskipun masker yang dijual di pasaran mahal dan langka, semua orang dapat membuat masker sendiri di rumah, bahkan dapat dibuat dari kain perca.

“Alhamdulillah siswa binaan kita mampu membuat masker ini sendiri. Ini merupakan karya yang sederhana, untuk itu kita ingin membagi tips tahapan cara membuatnya lewat video ini. Caranya, kita potong bahan untuk tali masker dengan panjang 20 cm dan lebar 4cm. tali ini dibagi menjadi dua bagian untuk sisi kanan dan kiri masker. Selanjutnya kain untuk masker panjang 19 cm dan lebar 12 cm. kain diambil garis tengah kemudian beberapa bagian dillipat membentuk serut di tengah sebagai ruang untuk bagian hidung. kemudian sisi kanan kirinya diberi jarum pentul agar dapat dijahit dengan rapi. selanjutnya sisi kanan kiri yang sudah diberi jarum pentul dijelujur benang. setelah selesai, tali masker juga disambung di sisi kan kiri masker yang sudah dijahit serut bagian tengahnya. masker sudah dapat digunakan," bebernya.

Kepala MAN 3 Palembang, Hj. KOmariah Hawa, M.Pd memberikan apresiasi inisiatif dan kreatifitas para siswa dalam menghadapi pandemic Covid-19 ini. Menurutnya hal ini sangat penting untuk disosialisasikan dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

“Video ini adalah bentuk sosialisasi dan himbauan kita agar dalam kondisi pandemic covid-19 ini, saat keluar rumai wajib memakai masker. Semoga video ini dapat bermanfaat untuk orang banyak,”ujarnya.