man3palembang@kemenag.go.id   |    +62711-411712, Fax
Jl. Inspektur Marzuki Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang 30138


Informasi (berita)


MAN 3 Gelar Seleksi PPDB Online Tahun 2020

Palembang, Inmas.

Tahun 2020 menjadi tahun bersejarah untuk MAN 3 Palembang. Bagaimana tidak, tahapan seleksi yang telah direncakan semula akan dilaksankan secara offline, akhirnya harus dilaksanakan secara online. Hal ini dikarenakan kondisi negara kita yang sedang melawan wabah Corona.

Sebanyak 528 orang peserta yang lulus seleksi administrasi online dari 1239 orang yang ikut mendaftar online. 528 orang ini berhak mengikuti dua tahapan PPDB Online MAN 3 Palembang. Tahap 1, Tes Potensi Akademik (TPA) dan tahap 2 tes baca Al-Qur’an serta wawancara asrama diselenggarakan secara online.

TPA diselenggarakan awal pekan, Senin (6/4) kemarin dengan menggunakan domain ppdbman3plg.com. Baca AL-Qur’an dan wawancara diselenggarakan selama dua hari, Selasa-Rabu (7-8/4) menggunakan aplikasi zoom meeting dan video call wattshap. Ada 36 orang pewawancara siap menghubungi peserta yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Sumatera Selatan dan beberapa kota di Indonesia.

Kepala MAN 3, Hj. Komariah Hawa menjelaskan, PPDB MAN 3 Palembang tahun 2020 ini merupakan tahun pertama diselenggarakan secara online penuh. Mulai dari pendaftaran, seleksi hingga kelulusan menggunakan system online.

“Alhamdulillah pelaksanaan tahapan PPDB MAN 3 tahun 2020 secara online berjalan lancer, meskipun dari 528 peserta, ada 10 % mengalami kendala dalam pelaksanaan. Namun peserta yang mengalami kendala dapat kita atasi dengan memberi waktu tambahan saat mengikuti seleksi,” terang Komariah.

Dalam pelaksanaan tahapan seleksi online, Kepala bidang Pendidikan Madrasah Kanwil KEmenag Sumsel, Drs. H. Khusrin, MM turut hadir memantau pelaksanaan langsung seleksi online ini. Ia memberi apresiasi kepala MAN 3 Palembang dalam melaksanakan proses PPDB MAN 3 ini tetap memperhatikan himbauan pemerintah agar calon peserta didik tetap dapat mengikuti seleksi dari rumah atau secara onlne.

“Meskipun dalam kondisi libur karena pandemik covid-19 yang belum tau sampai kapan, namun pelaksanaan seleksi secara online seperti ini  MAN 3 tetap bisa melaksanakan penyaringan peserta didik baru yang akan menjadi siswa MAN 3 Palembang tahun pelajaran 2020/2021. Apalagi peminat MAN 3 Palembang cukup banyak hingga mencapai ribuan pendaftar,”ujarnya. (HK)